Headlines

KNPB-PRD-FAK-FAK

PELANGGARAN HAM

AKSI-DEMO

» » » Indonesia Sudah Melanggar UU Mereka Sendiri.






Markas besar dimusnahkan dan tiga orang dituduh melakukan pengkhianatan karena mengadakan pertemuan doa yang menandai ulang tahun kelima kelompok itu. Pasukan Indonesia telah menggerebek dan diduga menghancurkan kantor kelompok pembebasan Papua Barat, mengambil alih satu situs di mana pengacara untuk klaim kelompok itu adalah "pendudukan legal".

Penggerebekan, yang telah memicu ancaman tindakan hukum, serta beberapa penangkapan dan tiga tuduhan pengkhianatan, terjadi di tengah meningkatnya tindakan keras terhadap gerakan separatis dan kekerasan yang berlanjut dalam pemberontakan selama puluhan tahun terhadap Indonesia.

Tiga markas besar Komite Nasional Papua Barat (KNPB) - lengan domestik kampanye pembebasan - digerebek oleh polisi dan militer Indonesia (TNI) dalam beberapa minggu terakhir, dengan dua kantor hancur dan kantor Timika diambil alih untuk digunakan sebagai militer gabungan - pos polisi pada Malam Tahun Baru.

Sebuah surat yang dikirim ke polisi Mimika oleh pengacara KNPB menuntut pihak berwenang menarik diri dari "pendudukan ilegal" yang berlangsung Selasa atau menghadapi tindakan hukum.

"Kami melihat babak baru penganiayaan terhadap KNPB dengan menangkap mereka secara tidak sah dan sekarang secara sewenang-wenang menghancurkan properti mereka," kata pengacara KNPB Veronica Koman.

Surat itu menuduh petugas melakukan pelanggaran dan pemaksaan dalam penangkapan dan menahan delapan aktivis yang diduga menandatangani surat bahwa mereka "orang Indonesia selamanya" dan berjanji tidak akan ambil bagian dalam kampanye lebih lanjut.
Di antara mereka yang ditangkap adalah Yanto Awerkion, yang dibebaskan pada April tahun lalu setelah menghabiskan 10 bulan penjara karena keterlibatannya dalam petisi kemerdekaan.

Surat hukum KNPB mengatakan organisasi itu telah memberi pemberitahuan kepada pihak berwenang pada 29 Desember, sebagai tindakan dengan itikad baik, bahwa organisasi itu bermaksud mengadakan acara doa yang menandai ulang tahun kelima mereka.

“Pada tanggal 31 Desember 2018, acara doa dan pesta memasak tradisional 'bakar batu' yang rencananya akan diadakan pada jam 9 pagi dibatalkan secara paksa dengan kedatangan lebih dari seratus personel polisi dan militer,” tulis surat itu.

"Mereka gagal menunjukkan surat tugas, surat perintah penangkapan, dan surat perintah [dan] ... polisi melakukan penghancuran termasuk vandalisme."
Kepala polisi Mimika Agung Marlianto mengkonfirmasi kepada Jakarta Post bahwa sekitar 80 personel keamanan mengambil alih markas KNPB di Timika pada Malam Tahun Baru, menghilangkan semua lencana dan poster, dan menghancurkan dinding.

"Markas besar tidak diizinkan beroperasi lagi dan diambil alih sebagai pos TNI dan polisi mulai sekarang," katanya.
Delapan anggota KNPB juga diinterogasi pada hari Sabtu sebagai bagian dari investigasi makar, menurut dugaan pengacara. Pada hari Selasa sore mereka mengatakan tiga orang telah diterbangkan ke Jayapura dan didakwa melakukan pelanggaran makar atas acara doa.Pengacara KNPB Veronica Koman mengatakan, kebebasan berkumpul para peserta kampanye dijamin oleh konstitusi, dan klaim bahwa organisasi itu ilegal adalah salah dalam hukum.

"Bahkan jika KNPB ilegal, polisi masih tidak memiliki hak atau wewenang untuk menghancurkan atau merusak properti mereka, apalagi melanggar dan secara ilegal menduduki tanah dan bangunan yang dimiliki oleh KNPB."

Juru bicara kepolisian daerah Papua, Suryadi Diaz, mengatakan kepada media Indonesia bahwa bangunan itu milik pemerintah daerah, yang telah memberikannya kepada masyarakat setempat, tetapi KNPB telah menggunakannya.

“Itulah sebabnya polisi Mimika melihatnya layak untuk merebut kembali gedung dan membuatnya menjadi pos bersama untuk polisi dan TNI,” katanya.
Pengambilalihan kantor Timika mengikuti dugaan penghancuran kantor pusat di Asmat dan Jayapura pada bulan Desember.

Dalam sebuah video yang dimaksudkan untuk menunjukkan situs Asmat, seorang pria memfilmkan puing-puing bangunan. "Hari ini, kantor Papua Merdeka dibakar oleh polisi dan militer," katanya, menurut terjemahan yang diperoleh oleh Guardian Australia.

“Kami penuh air mata, kami penuh kesengsaraan, tetapi kami akan melanjutkan perjuangan. Dimanapun Anda berada, tolong dukung kami dan solidaritas dengan kami, karena kami akan melanjutkan perjuangan untuk sekarang dan selamanya. "

Pihak berwenang Indonesia melancarkan penumpasan terhadap separatis Papua Barat bulan lalu setelah pembunuhan setidaknya 17 pekerja konstruksi di provinsi Ndagu, Papua Barat oleh tentara pembebasan, yang mengklaim para pekerja itu semua adalah anggota militer Indonesia.

Serangan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Indonesia menangkap lebih dari 500 orang, yang dilaporkan termasuk orang Indonesia, pada demonstrasi kemerdekaan Papua Barat di seluruh negeri.

Indonesia kemudian dituduh menggunakan fosfor putih pada warga sipil - bertentangan dengan hukum internasional - dalam sebuah laporan oleh Saturday Paper, sebuah laporan yang menurut Indonesia adalah "Benar-benar tidak berdasar, tidak faktual, dan menyesatkan".

Menyusul serangan terhadap pekerja bangunan, pemimpin gerakan kemerdekaan Papua Barat yang diasingkan, Benny Wenda menyerukan agar semua pihak tenang. Dalam sebuah wawancara dengan Guardian, Wenda mengatakan Indonesia memiliki sejarah "menciptakan kekerasan" dan menggunakannya untuk membenarkan peningkatan kehadiran militernya dan tindakan keras terhadap orang Papua Barat.

Sumber : https://www.theguardian.com/world/2019/jan/08/new-chapter-of-persecution-indonesia-cracks-down-on-west-papua-separatists

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama